YZF-R 125 - Motor Sport Yamaha


Motor Cepat. YZF-R 125 - Motor Sport Yamaha. Di tengah isu bahwa PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) bakal merilis motor sport baru tipe FZ-16, Tim OTOMOTIF malah asyik bermain sama motor Yamaha lainnya yang berkapasitas mesin 125 cc. Motor sport pabrikan yamaha ini diberi julukan Yamaha YZF-R 125

Sebenarnya, motor ini bukan motor sport baru, melainkan sudah ada sejak 2-3 tahun lalu. Hanya saja, motor ini memang tidak diproduksi YMKI di Indonesia. Di negara asalnya (Eropa), motor ini jadi primadona para rider pemula yang baru memiliki SIM.
Iron Blue Motorcycle (IBM) selaku impotir umum bakal menjual beberapa unit di Tanah Air. “Tapi untuk harganya kita belum bisa kasih tahu,” beber Ishak Junaidi, sales marketing IBM.

YZF-R 125 - Motor Sport Yamaha

Desain bodi YZF-R 125 dapat dibilang paling oke bila dibanding motor sport yang ada di Indonesia. Malah kalau mau jujur, bisa dibilang saingan YZF-R 125 di Indonesia hanya Kawasaki Ninja 250. Tapi ingat! Itu kalau bicara bodi, lo!

Tampilan eyecatching langsung tampak dari depan. Headlamp multireflector-nya membuat rider tak perlu ragu jalan malam hari. Lalu, panel indikator pakai sistem digital (rpm) dan model jarum (odometer).

Pindah ke bagian tengah, tampilan fairing dan tangki terlihat modern. Eh, tapi coba perhatikan bagian tangkinya sekali lagi! Ehmm, kayaknya kurang proporsional karena terlihat agak kebesaran untuk motor 125 cc.

Di bagian belakang, lekukan bodi mirip Yamaha R6 yang sama-sama meruncing dan pipih. Ditambah dudukan pelat nomor dengan model ‘menggantung’, membuat sektor buritan Yamaha YZF-R 125 terlihat sangat manis dan sporti abis!


Tak perlu diragukan, knalpot dengan desain silencer yang gambot membuat suara YZF-R 125 meraung khas motor sport. Di bagian kaki-kaki, swing arm sudah menganut model monocross dengan bentuk lengan ayun melengkung atau biasa disebut banana.
Bagi rider yang bertinggi badan kurang dari 160 cm dijamin agak kesulitan saat awal menaiki motor ini. Maklum sebab tinggi sadel ke tanah berjarak 818 mm. Angka segitu sesuai sama postur badan bule yang lebih jangkung ketimbang orang Indonesia.
Gimana mesin? Nah seperti sudah disinggung, buat rider pemula power mesin enggak perlu terlalu galak. Itu terbukti dari kemampuan mesin bersilinder tunggal dengan kapasitas mesin 124,66 cc SOHC yang mencapai 14,75 dk/9.000 rpm dan torsi sebesar 12,24 Nm/8.000 rpm.
YZF-R 125 - Motor Sport Yamaha

Related Post: