New Jupiter Z VS Honda New Blade

Motor Cepat. New Jupiter Z VS Honda New Blade Kehadian New Blade 110R bikin persaingan di kelas bebek papan atas cukup semarak. Di kelas premium bebek 110-115 cc ini diisi oleh beberapa pemain. Dua di antaranya yang ketat bersaing produksi Honda dan Yamaha.

Dengan harga honda new blade baru Rp 14 juta dan Rp 14,2 juta (untuk tipe racing) dan harga yamaha New Jupiter Z seharga Rp 13,8 juta (SW) dan Rp 14,6 (CW), kedua tipe ini layak dipersandingkan. Apa saja yang menjadi keunggulan kedua tipe ini. Motor Cepat coba memaparkan aneka fitur yang melingkupi bebek yang sepintas tampak depan mirip ini. Yuk diperhatikan kelebihan keduanya.
Sudah AHO duluan
Desain Lampu New Jupiter Z VS Honda New Blade


Desain lampu depan nyaris sama Namun Motor Yamaha memiliki kelebihan di banding pesaingnya yakni pada tipe ini telah menerapkan daytime running light (DRL) atau yang dikenal dengan Automatic Headlamp On (AHO). Di bagian ini Yamaha mementingkan aspek keselamatan dengan mengikuti aturan berlaku dengan menerapkan lampu ON terus. Selain itu, desain tutup setang atas kombinasi two tone, silver dan doff yang memberikan kesan sporty dan dinamis.

Lampu depan berubah total. Desain lampu depan baru yang lebih sporty serta tambahan tampilan flasher light. Masih di bagian depan, spidometer New Blade juga telah dilengkapi dengan lampu LED ilumination berwarna biru. Yang bisa memendarkan cahaya terang di waktu malam.

Atas nama keamanan, Motor Honda juga sudah menerapkan fitur key shutter pada kunci kontak. Secara otomatis lubang kunci menutup saat anak kunci dicabut

Peranti Rem New Jupiter Z VS Honda New Blade


Yamaha masih percaya diri dengan mengandalkan kombinasi rem cakram dan teromol di bagian belakang. Petinggi Yamaha menganggap dengan power bebek berkapasitas 113 cc ini, cukup hanya dengan satu teromol dan satu cakram.

Walau terlihat kalah dari sisi peranti keselamatan, namun New Jupiter-Z ini juga dilengkapi dengan kenyamanan berkendara lewat mengaplikasi sasis pipa baja tulang bawah. Sudah terbukti ampuh di pentas balap nasional.
Jupiter cukup rem cakram depan, sedang Blade sudah double disk depan-belakang
Peranti Rem New Blade

Honda New Blade juga sudah menerapkan double disk atau cakram pada varian terbarunya ini. Di bagian depan dan belakang.

Konsep racing tampaknya sangat kental pada varian baru ini melalui aplikasi peranti penghenti laju. Kedua cakram ini dijepit oleh sepasang kanvas rem yang diatur secara hidrolis oleh piston tunggal.

Mewah untuk sebuah bebek yang hanya berkapasitas 110 cc.

Knalpot-Tebeng New Jupiter Z VS Honda New Blade


Kedua bebek ini memang sudah mengaplikasi tebeng modern dan sporty. Sory, gaya jadul bebek dengan sayap yang lebih lebar sudah lebih dahulu ditinggalkan Yamaha.

Sedangkan pada sisi desain knalpot, Yamaha masih menerapkan model knalpot pada bebek terdahulunya. Pipa knalpot masih dilindungi oleh penahan panas model krom. Model ini memang tampak tertinggal kalau dibanding pesaingnya.
Tebeng sporty(kiri). Knalpot ala moge(Kanan)
Honda menyebut model tebeng dengan New 3D (3 dimensi) Leg Shield. Di mana kelebihan dari fitur ini, mampu melindung pengendara dari cipratan air dari bagian depan.

Desain ala balap juga terlihat pada model knalpot. Sepintas, knalpot pada New Blade ini memang mengacu pada motor sport Honda yang berkapasitas besar. Seperti Honda CBR600. Gen moge memang coba ditularkan pada tampilan bebek baru Honda ini.


Tenaga New Jupiter Z VS Honda New Blade

Dengan tambahan kapasitas dari pendahulunya sebanyak sekitar 4 cc, New Jupiter-Z lebih unggul dibanding New Blade. Bebek andalan Yamaha di balap ini memiliki tenaga 8,16 PS di putaran 7.500 rpm. Dan memiliki torsi 8,52 NM (0,87 kgf.ml) di putaran 4.000 rpm, bandingkan dengan bobot motor yang cuma 101 kg. Power New Jupiter-Z mampu diimbangi dengan perbandingan kompresi yang cukup tinggi yakni 9,3:1.
Power Jupiter lebih unggul, New Blade lebih berat 3 kg
Tenaga New Blade

Bobot New Blade lebih berat 3 kg dibanding pesaingnya. Namun jika dilihat lebih unggul 0,34 ps di putaran yang sama. Pada New Blade memiliki torsi maksimum 0,83 kgf.ml di putaran 5.550 rpm, lebih rendah dibanding pesaingnya. Dengan bobot yang lebih berat, artinya tarikan awal Blade secara spek dipastikan lebih lambat dibanding pesaingnya.
New Jupiter Z VS Honda New Blade
READ MORE » New Jupiter Z VS Honda New Blade

YZF-R 125 - Motor Sport Yamaha


Motor Cepat. YZF-R 125 - Motor Sport Yamaha. Di tengah isu bahwa PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) bakal merilis motor sport baru tipe FZ-16, Tim OTOMOTIF malah asyik bermain sama motor Yamaha lainnya yang berkapasitas mesin 125 cc. Motor sport pabrikan yamaha ini diberi julukan Yamaha YZF-R 125

Sebenarnya, motor ini bukan motor sport baru, melainkan sudah ada sejak 2-3 tahun lalu. Hanya saja, motor ini memang tidak diproduksi YMKI di Indonesia. Di negara asalnya (Eropa), motor ini jadi primadona para rider pemula yang baru memiliki SIM.
Iron Blue Motorcycle (IBM) selaku impotir umum bakal menjual beberapa unit di Tanah Air. “Tapi untuk harganya kita belum bisa kasih tahu,” beber Ishak Junaidi, sales marketing IBM.

YZF-R 125 - Motor Sport Yamaha

Desain bodi YZF-R 125 dapat dibilang paling oke bila dibanding motor sport yang ada di Indonesia. Malah kalau mau jujur, bisa dibilang saingan YZF-R 125 di Indonesia hanya Kawasaki Ninja 250. Tapi ingat! Itu kalau bicara bodi, lo!

Tampilan eyecatching langsung tampak dari depan. Headlamp multireflector-nya membuat rider tak perlu ragu jalan malam hari. Lalu, panel indikator pakai sistem digital (rpm) dan model jarum (odometer).

Pindah ke bagian tengah, tampilan fairing dan tangki terlihat modern. Eh, tapi coba perhatikan bagian tangkinya sekali lagi! Ehmm, kayaknya kurang proporsional karena terlihat agak kebesaran untuk motor 125 cc.

Di bagian belakang, lekukan bodi mirip Yamaha R6 yang sama-sama meruncing dan pipih. Ditambah dudukan pelat nomor dengan model ‘menggantung’, membuat sektor buritan Yamaha YZF-R 125 terlihat sangat manis dan sporti abis!


Tak perlu diragukan, knalpot dengan desain silencer yang gambot membuat suara YZF-R 125 meraung khas motor sport. Di bagian kaki-kaki, swing arm sudah menganut model monocross dengan bentuk lengan ayun melengkung atau biasa disebut banana.
Bagi rider yang bertinggi badan kurang dari 160 cm dijamin agak kesulitan saat awal menaiki motor ini. Maklum sebab tinggi sadel ke tanah berjarak 818 mm. Angka segitu sesuai sama postur badan bule yang lebih jangkung ketimbang orang Indonesia.
Gimana mesin? Nah seperti sudah disinggung, buat rider pemula power mesin enggak perlu terlalu galak. Itu terbukti dari kemampuan mesin bersilinder tunggal dengan kapasitas mesin 124,66 cc SOHC yang mencapai 14,75 dk/9.000 rpm dan torsi sebesar 12,24 Nm/8.000 rpm.
YZF-R 125 - Motor Sport Yamaha
READ MORE » YZF-R 125 - Motor Sport Yamaha

Meningkatkan Kecepatan Honda Supra X 125

Meningkatkan Kecepatan Honda Supra X 125
Meningkatkan Kecepatan Honda Supra X 125, untuk membuat laju Honda Supra X 125 non-injeksi agar lebih kencang dengan minim korekan bisa dilakukan dengan beberapa cara. Namun sebelum kita korek lebih dalam sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengapa Honda Supra X 125 performanya kurang sempurna. Kekurangan paling menonjol Honda Supra X 125 adalah mesin ngedrop begitu oper dari gigi 3 ke gigi 4. Sedang kekurangan yang kedua adalah jika pada kondisi panas atau siang larinya lebih berat dan kalau dingin atau malam menjadi lebih enteng larinya.

Nah sekarang untuk penyelesaian untuk meningkatkan kecepatan honda supra x 125.

Masalah pertama yaitu mengenai mesin ngedrop begitu oper dari gigi 3 ke gigi 4. Dari sini kita mesti curiga kalau gejala ini berkaitan dengan gearbox. Coba tes motor standar, pasti bakal ketahuan apa permasalahan sebenarnya. Begitu gearbox dibongkar, tercatat spek rasio gigi 1 : 35/14, gigi 2 : 31/20, gigi 3 : 23/20, dan gigi 4 : 24/26. Nah..bener kan, pantes aja gigi 2 bisa tembus di angka kecepatan 75 km/jam sedang kalo dari gigi 3 ke gigi 4 selalu ngedrop. Cara penyelesaian paling umum untuk masalah ini adalah dengan ganti rasio gigi atau meningkatkan perbandingan kompresi. Sedang untuk peruntukan harian, pilihan paling rasional adalah dengan meningkatkan rasio kompresi.

meningkatkan kecepatan honda supra x 125


Untuk meningkatkan rasio kompresi bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya :
Piston Meningkatkan Kecepatan Honda Supra X 125


1. Mengganti Piston

Kasus untuk honda supra x 125, muka pistonnya cekung, yang artinya pilihan piston yang bisa diaplikasikan untuk meningkatkan kompresi adalah dengan piston dengan muka rata atau flat. Apabila memasang piston cembung tentu perbandingan kompresi terlalu tinggi. Sebagai pilihan cukup pasang piston Izumi atau DG atau Daytona untuk honda supra x 125.

2. Memangkas blog silinder

Kalau ini murah meriah bro dan piston standar tetap bisa digunakan, blok silinder standar dipangkas sebanyak 1mm. Ini secara otomatis menaikkan muka piston sebanyak 1mm. Namun agar kompresi tak terlalu naik, maka muka piston juga harus dibabat sebanyak 1mm. Hasilnya muka piston honda supra x 125 menjadi rata atau flat. Perlu diperhatikan juga bahwa tinggi tepi blok silinder terhadap muka piston diset 0,2 – 0,3mm. Pada kasus tertentu ternyata jarak antara muka piston dan tepi blok pernah ditemui 0,6mm, yang mana menjadikan efek pembakaran terlalu luas yang berimbas kemampuan mesin pada putaran menengah ke tinggi menjadi anjlok. Langkah pemapasan ini saja dengan kem dan CDI standar bisa membuat top speed motor 125 – 130 km/jam dengan catatan kondisi motor normal/tidak dimodifikasi yang memungkinkan terjadinya hambatan laju.

Permasalahan yang kedua yaitu mengenai perbedaan kecepatan honda supra x 125 saat siang/panas dan malam/dingin. Cara penyelasaiannya cukup mudah yaitu dengan seting ulang karbu yaitu diset dengan setelan angin ditaruh di 1,25 putaran, kemudian ganti spuyer main jet dari standarnya 75 menjadi 80, dan knalpot standar dibobok dengan hitungan volume yang tepat.

Sebenarnya dengan cara diatas aja sudah cukup untuk Meningkatkan Kecepatan Honda Supra X 125. Namun kalau mau yang lebih oke untuk meningkatkan performanya agar lebih maksimal lagi bisa dilakukan dengan mengganti beberapa part lainnya yaitu:

1. Mengganti per kopling

per kopling Meningkatkan Kecepatan Honda Supra X 125

Per kopling standar Honda Supra X 125 telalu lembut jadi perlu diganti dengan per kopling yang lebih keras yaitu per kopling buat balap alias racing kayak TDR, HRP, BRT, Daytona, Kitaco dll. Kalo mau yang murah ya tambahin ring di baut pengunci kampas kopling cukup satu atau dua aja.

2. Mengganti kampas kopling

kampas kopling Meningkatkan Kecepatan Honda Supra X 125


Dengan mengubah kampas kopling Honda Supra X 125 maka daya cengkram kampas kopling jadi makin yahud, jadi gak selip pada saat motor berjalan. Untuk kampas kopling bisa diganti dengan kampas2 kopling buat balap yang merek2nya juga hampir sama dengan yang di sebutin tadi di atas. Harganya ya lumayan tapi tu bisa buat motor Honda Supra X 125 gak selip, maksudnya waktu kita pindah gigi gak ngedrop banget lah gak kaya pake standard tarikan juga tambah, di tanjakan bisa stabil. Jadi intinya tenaga mesin semuanya tersalur ke tramsmisi.

3. Mengganti CDI

CDI Meningkatkan Kecepatan Honda Supra X 125


Cdi pada motor manapun biasanya menggunakan limiter (pembatas RPM tertentu) agar motor tidak terlalu tinggi rpmnya. Cdi yang tanpa limiter ini biasanya adalah cdi racing, sekarang banyak pabrikan CDI yang buat balap memproduksi buat harian ato standard, misal BRT ato Rextor yang buat karisma bisa dipake plek di motor supra x 125 . Selain bisa menambah toop speed cdi racing bisa untuk naikin pengapian.

Oke sekian dulu tips dari motor cepat dalam Meningkatkan Kecepatan Honda Supra X 125 semoga membantu ya..jangan lupa komentarnya.
READ MORE » Meningkatkan Kecepatan Honda Supra X 125